BLOG ISENG-ISENG

SELAMAT DATANG KAWAN DI BLOG NITNOT!!!

(52) LINUX

Posted by NITNOT_RASTAFARA On 18.33.00 0 komentar


Apakah Unix itu?
Unix adalah nama sebuah sistem operasi yang asal mulanya di kembangkan pada labaratorium BELL,AT dan T.Sistem operasi adalah perangkat yang mengatur dan mengendalikan operasi dasar sistem komputer.
Unix terdiri atas sejumlah programyang di rencanakan untuk mengontrol interaksi antara fungsi-fungsi pada mesin beraras rendah dengan program aplikasi tugas dari sistem operasi diantaranya :
·        Melakukan fungsi manajemen system berkas.
·        Mengendalikan berbagai sumber pada sitem seperti disk dan printer
·        Mengatur sejumlah pemakai yang menggunakan system yang bersamaan
·        Membentuk penjadwalan proses-proses di dalam sitem.


Portabilitas Kini unix telah menyebar pada berbagai jenis sitem, notebook,micro computer, ( PC ), hingga mainframe prusahaan – prusahaan computer yang besar seperti IBM saniklos system juga mengeluarkan computer yang berbasis UNIX
Bagi yang meakai hal yang seperti ini sangatlah menguntungkan, mengapa menguntungkan? Sebab portabilitas berarti tidak bergantungan oada suatu perangkat keras. Ini berarti pemakai tidak perlu terpaku pada suatu vendor. Untuk beralih dari sitem unix ke system lain nya. Dapat dilakukan dengan mudah, hal ini tidak hanya terbatas dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini tidak hanya terbatas dengan sitem nya saja, melaikan pada aplikasi nya.
Program aplikasi yang berjalan pada suatu system, unix dapat di pindahkan ke system unix lain nya dengan jalan mentransfer program sumber dan kemudian melakukan kompilasi system unix yang baru. Beberapa aplikasi bersifat kompatibel dalam bentuk objek sehingga tidak di perlukan proses kompilasi.


Multi UserMulti user berarti sejumlah orang yang berarti dapat menggunakan system secara bersamaan dan berbagai sumber ( Disk,Printer dn sebagai nya ) Unix dapat mendukung keperluan unix seperti ini :
·        Penghematan perangkat keras sebab perangkat keras ( missal nya printer, disk ) dapat di pakai orang banyak
·        Data dapat di akses / di pakai oleh orang banyak secara serentak. Berarti tidak ada penduplikasian data selain itu konsistensi data terjamin


MultitaskingDalam waktu yang bersamaan pekerjaan – pekerjaan yang tidak di perlukan interaksi dari pemakai ( tapi melakukan pengurutan data dan pengecekan di latar belakang. Pemrosesan ini memungkinkan suatu pekerjaan sedang di laksanakan oleh system,pemakai dapat melakukan tugas-tugas yang lain)
Kemampuan system oprasi yang memungkinkan seseorang dapat melaksanakan beberapa tugas pada saat bersamaan biasanya di namakan Multitasking.


Sistem berkas yang HierarkisMemungkinkan pemakai mengorganisasikan informasi data dalam bentuk yang mudah untuk di ingat dan mudah untuk mengakses nya informasi-informasi yang dapat di atur missal nya di kelompokan perpemakai / berdasarkan suatu departemen.


Shell UnixShell unix menjadi jembatan antara pemakai dan system. Ia bertindak sebagai penerjemah perintah yang sangat bermanfaat bagi pemakai kemampuan sell mencakup 2 hal :
Modus interaktif dan Modus pemrograman pada metode interaktif,pemakai dapat memberikan perintah dan kemudian sell akan mengerjakan perintah yang di berikan. Hal ini dapat di ulang-ulang sebab begitu sell telah menjalankan perintah, sell akan menunggu pemakai memberi perintah kembali. Pada modus pemrograman, pemakaI dapat menyusun suatu program yang berupa sejumlah perintah yang biasa di sebut scriptsell. Sell akan mengerjakan perintah-perintah tersebut secara berurutan hal seperti ini sangat bermanfaat  untuk menangani pekerjaan yang bersifat rutin pada modus ini pemerintah dapat membuat suatu prototype. Suatu kegiatan pemrograman tanpa harus menggunakan C.


UltilitasSystem oprasi unix tersusun atas sejumlah program, yang antara lain berupa ultilitas, ultilitas-ultilitas yang trsedia pada unix mempunyai tugas-tugas yang bermacam-macam, antara lain berhubungan dengan :
-        Manajemen berkas
-        Penyunting berkas
-        Pendukung komunikasi
-        Pendukung pengembangan perangkat lunak


Masyarakat UnixUnix banyak dipakai untuk menangani aplikasi bisnis. Unix juga seringkali di butuhkan untuk memecahkan persoalan yang kompleks pada permasalahan statistic dan engineering.
Saat ini banyak perkumpulan pemakai dan penggemar unix yang bertebaran di internet Indonesia selain itu timbul majalah yang disebut info Linux.
Perkembangan unix juga tidak lepas dengan lembaga-lembaga/organisasi, antara lain :


ANSIANSI ( American National Setandards Institute ) mempunyai peranan dalam dunia unix. Instusi ini menyediakan standar pemrograman C yang dibentuk melalui komite ANSI XJ113.


POSIX
Posix ( Portable Operating Sistem standar for Computer Environments ) merupakan suatu komite dan IEE ( Institute of Electrical and Electonik enginers ) yang mengeluarkan standar 1003.1 pada tahun 1986 standar ini berperan dalam menentukan standar system oprasi yang portable pada unix terutama mengenal kernel unix


X open
X Open merupakan konsorsium non profit dari sejumlah pabrik computer seperti : BULL,ICL,NIXDOOF ,PHILIPS dan SIEMENS didirikan pada tahun 1984. selain prusahaan computer Eropa pabrik computer amerika seperti DEC HP dan UNISIS serta AT dan T menjadi nggota nya. Tujuan dari kelompok yang sangat di pengaruhi di benua Eropa ini adalah mendefinisikan untuk mendukung portabilitas perangkat lunak spesifikasi system terbuka yang di keluarkan oleh organisasi ini adalah XPG./ open portability Guide


ISO
ISO ( international Standar Organitation ) ikut mengembangkan beberapa standar terutama dalam lingkup komunitas computer.


XCONSORTIUM
Xconsortium ini membuat pedoman antara muka yang berdasarkan teknologi X windows DPC. Yang di kembangkan di Massachusetts institute of tekhnologi.


AT dan T
Mengeluarkan standar system yang di sebut SVID (system V interface definition). Standar ini menyebutkan fasilitas-fasilitas pada unix yang di jamin tidak akan berubah pada rilis-rilis mendatang

Categories:

0 Responses "(52) LINUX"

Posting Komentar